Tujuh Pabrikan Chip Jepang Tantang AMD dan Intel

Gabungan tujuh samurai Jepang berusaha menaklukan dominasi AMD dan Intel di pasar prosesor dunia.

Tidak tenang dengan dominasi pabrikan Amerika terhadap industry CPU, tujuh perusahaan prosesor dominan dari Jepang telah bergabung, dan sepakat untuk menciptakan microprocessor baru. Koalisi prosesor ini dipimpin oleh merger dari NEC dan Renesas, yang membuat mereka menjadi perusahaan pembuat chip nomor tiga terbesar di dunia. Bergabung dengan NEC dan Renesas adalah Canon, Toshiba, Hitachi, Fujitsu dan Panasonic.

Tujuh samurai ini berusaha untuk menciptakan CPU komersial yang mampu berjalan dengan tenaga matahari,kompatibel dengan software energy saving yang dikembangkan oleh Profesor Hironori Ksahara dari Universitas Waseda. Menggunakan energy berbasiskan jumlah data yang diproses, prosesor akan tetap aktif walaupun tidak ada pasokan energy. Prototype saat ini sedang diuji coba, dilaporkan padat berjalan dengan energy 30% lebih rendah dari CPU yang dijual di pasaran saat ini.

Standar baru ini, bersamaan dengan CPU akan diperkenalkan tahun 2012. CPU ini dapat digunakan untuk semua system elektronik.

Sumber: PC Media

Tetapi, walaupun prosesor gabunganb ini mampu menarik perhatian lebih dari CPU milik Intel dan AMD, tetap saja transimi dari platform x86 akan memakan waktu tahunan. Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengembangkan dukungan software untuk membangun platform baru. Tapi bagaimana pun juga, gabungan raksasa Jepang ini merupakan bagian dari masa depan system komputer. ketika mereka sudah bergabung, pastinya mereka tidak main-main lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: