Cara Simple Menjaga Hard Disk

Sejalan dengan waktu, hard disk di komputer akan penuh. Ada file yang diperlukan dan tidak diperlukan. Anggap saja file yang tidak diperlukan itu adalah sampah. Di artikel ini, saya berikan tips untuk membuang sampah dan mendapatkan kembali ruang dalam hard disk. Tips ini bisa digunakan untuk Windows XP dan Vista.

Kosongkan Folder Sementara Milik Windows

  1. Tutup semua pogram yang sedang berjalan.
  2. Masuk ke folder C:\Windows\Temp atau C:\Temp. saya anggap Windows terinstal di drive C. nah, di folder inilah Windows dan aplikasi lain menaruh file sementaranya. Jeleknya, ada program yang meninggalkan sisa di situ. Bahkan setelah dihapus, program tidak membersihkan file sementara. Kadang-kadang kapasitas hard disk yang terpakai cukup banyak. Kalau tak percaya liat saja di folder tersebut kemudian klik [Properties]. Liat kapasitas hard disk yang terpakai.
  3. Di dalam folder C:\Windows\Temp atau C:\Temp, pilih semua file dengan menekan [Ctrl] + [A]. setelah itu tekan tombol [Shift] + [Delete] agar file langsung dihapus dan tidak mampir ke Recycle Bin.

Sapu Bersih Folder Sementara Berinternet

  1. Situs web menyimpan beberapa file di dalam hard disk agar browser bisa membuka halaman situs tersebut dengan cepat. Di Windows XP, file itu disimpan di C:\Documents And Settings\<username>\Local Settings\Temporary Internet Files\. Sedangkan di Windows Vista, ada di C:\User\,username>\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\.
  2. Seperti mengosongkan folder sementara milik Widnows, hapus saja semua isi ile di dalam folder itu. Jika anda tidak dapat menemukan folder tersebut, kemungkinan folder tersebut disembunyikan oleh Windows. Gunakan Folder Options agar folder itu dapat ditampilkan.
  3. Supaya ruang hard disk tidak banyak terpakai, beberapa browser bisa diatur agar tidak memakan banyak tempat ruang hard disk.

Bersihkan Tempat Sampah

  1. Kalau masalah ini, kemungkinan banyak user yang sudah paham. Jadi saya hanya mengingatkan saja jika file yang hanya dihapus dengan perintah [Delete], file belum terhapus dari hard disk. File tersbut masih “nongkrong” di Recycle Bin.
  2. Untuk menghapus dari Recycle Bin, pastikan file-file tersebut sudah benar-benar tidak anda gunakan lagi. Lalu klik kanan di icon Recycle Bin dan pilih [Empty Recycle Bin].

Hapus Program Yang Tidak Terpakai

  1. Masuklah ke Control Panel. Di Windows XP pilih [Add/Remove Programs] sedangkan di Windows Vista pilih [Program And Features].
  2. Hapus/unistall program yang tidak anda pakai. Jangan pernah berfikir “Ah sayang, siapa tau besok-besok dipakai”.

Defrag Hard Disk

  1. Untuk pengguna Windows XP, silahkan masuk ke Start\Program\Accesoris\System Tools\Disk Defragmenter. Pengguna Windows Vista pilih Start ketik “defragmenter” maka akan muncul icon program tersebut.
  2. Defrag-lah hard disk andauntuk merapikan file-file yang tersebar di dalamnya. Niscaya anda akan mendapatkan sedikit ruang hard disk yang kembali. Memang sedikit, tapi sedikit lama-lama bisa menjadi bukit.

Periksa Error Hard Disk

  1. Tak ada hard disk yang sempurna. Oleh karena itu, hardisk harus di periksa dari error. Jalankan program ScanDisk. Untuk Windows XP masuk ke Start\Program\Accesoris\System Tools\ScanDisk. Sedangkan pengguna Widnows Vista klik Start dan ketikan “chkdsk” dan tekan Enter.
  2. Jalankan ScanDsik pada semua hard disk atau partisi yang anda punya. (Untuk menjalankan “chkdsk” di Windows Vista, anda harus login sebagai admin).

Simpan di tempat Lain

Ada file yang “dipakai enggak, tapi dibuang sayang”. File lagu atau film yang biasanya ada di posisi ini. Jika anda masih ingin menggunakan file tersebut di kemudian hari, ada baiknya anda pindahkan file tersebut dari hard disk anda ke tempat lain seperti CD atau DVD.

2 Tanggapan to “Cara Simple Menjaga Hard Disk”

  1. Thank for your advice it gonna be your deposit to heaven someday,
    3 thing that help you up in heaven :
    1 Good Deed
    2 Teaching good things
    3 Charity,
    Thank God for created such a gooman like you man .
    Very Apreciated & thankful
    Harry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: