Myna, Speech Shortcut Dengan Java

Myna adalah program java yang dapat menggantikan command prompt /konsole, dimana dengan program ini user memasukkan perintah/command dengan suara. Di dalam program myna terdapat tiga menu utama yaitu :

1. AddGrammar

2. UpdateGrammar

3. DeleteGrammar

Menu AddGrammar digunakan untuk memasukkan command-command yang diinginkan ke dalam program, beserta kata yang akan diucapkan user serta kata alternatif (bisa diucapkan user bisa juga tidak).

Misal jika ingin dimasukkan perintah “Notepad.exe”kita bisa memasukkan kata “editor>ke dalam program dan dengan alternatif “please”(jika menggunakan alternatif maka posisinya pun harus ditentukan apakah di depan kata yang ada atau di belakang kata), sehingga ketika kata “editor”atau “editor please” (jika alternatif ada di depan) diucapkan user maka Myna akan mengeksekusi perintah “Notepad.exe”tersebut.

UpdateGrammar digunakan untuk mengupadate grammar yang ada. Di dalam menu ini terdapat dua sub menu yaitu Update Kata dan Update Command. Update kata digunakan jika ingin mengganti kata yang telah ada pada program, sedang update command jika user ingin megganti commandline yang telah dimasukkanya tadi.

Delete Grammar digunakan jika user ingin menghapus salah satu kata/command yang telah dimasukkan pada program Myna sebelumnya. Di dalam program telah dimasukkan beberapa command built in (diinput dengan suara) seperti terminate[please] (mengehentikan program myna ini), Add[please] (menampilkan dialog AddGrammar), UpdateKata[please] (menampilkan dialog UpdateKata), UpdateCommand[please] (menampilkan dialog UpdateCommand), dan HapusGrammar[please] (menampilkan dialog DeleteGrammar.

Perancangan Program

Myna dibuat dengan pendekatan Object Oriented dimana program dibuat dengan membagi-bagi program kedalam kelas-kelas sesuai dengan fungsinya masing-masing.Kelas-kelas utama yang digunakan dalam pembuatan program ini adalah RecognizerEngine, Make Grammar, dan VoiceAction.

VoiceAction adalah kelas yang berfungsi untuk mengeksekusi command setelah dicocokkan dengan suara yang diinputkan oleh user. Baik itu perintah built in maupun perintah yang telah dimasukkan user.

MakeGrammar digunakan untuk membuat grammar sesuai dengan kata yang dimasukkan user atau mengganti kata yang ada melalui dialog-dialog yang telah dijelaskan tadi

RecognizerEngine adalah kelas utama dari program ini dimana user berinteraksi dengan program melalui kelas ini. Di kelas inipun diiniisialisasi mesin recognizer yang digunakan program. Pada lingkunganwindows mesin yang digunan adalah Microsoft Speech recognizer.

Download Program & Source Myna

Download Talking Java, library untuk myna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: