Cara Membuat Prefetcher Bekerja Sempurna

Sejak Windows XP, tersedia sebuah fitur bernama Prefetcher. Prefetcher melakukan optimasi lokasi file yang digunakan untuk boot dengan menggunakan Disk Defragmenter. Fitur ini juga diakomodasi hingga Windows Vista.

Meski fitur ini  sangat  berguna,  pengerjaannya  tidak  selalu dilakukan  tiap  hari.  Prefetcher hanya bekerja  setelah  beberapa  kali  boot  dan  hanya  bekerja  saat  komputer  tidak  digunakan.  Untuk mengetahui  kapan  terakhir  kali  Prefetcher  bekerja,  Anda  dapat  melihatnya  dengan  membuka Registry  Editor  dan  masuk  ke HKEY_LOCAL_MACHINE-SOFTWARE-Microsoft-WindowsNT-CurrentVersion-Prefetcher, lalu lihat isi key LastDiskLayoutTimeString.

Kondisi di atas bisa menjadi masalah jika Anda adalah tipe orang yang tidak sabaran. Seperti telah dijelaskan di atas, Prefetcher hanya bekerja saat komputer dibiarkan menganggur. Kenyataannya, tidak  semua  pengguna  cukup  sabar  menunggu  booting  selesai  apalagi  membiarkan  Windows menganggur saat dinyalakan. Kebanyakan, begitu taskbar terlihat, tombol Start langsung ditekan, dan komputer langsung digunakan. Kalau kondisinya seperti itu, sama saja Anda tidak memberikan kesempatan Prefetcher untuk bekerja.

Solusinya, gunakan trik berikut untuk memaksa Prefetcher bekerja:

1.  Klik tombol Start, ketik cmd pada kotak pencarian dan tekan [Enter].

2. Setelah jendela command prompt terbuka, ketik Rundll32.exe advapi32.dll, ProcessIdleTasks dan  tekan  [Enter].  Komputer  Anda  akan  segera  menjalankan  tugas  yang  telah  Anda  amanatkan.

Tips: Sebelum defragmenter selesai menegerjakan tugasnya, sebaiknya Anda jangan menjalankan aplikasi yang berat agar komputer tidak terasa lambat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: